Kamis, 24 April 2014

FOTO

Temuan Kerangka Raja Richard III di Bawah Lahan Parkir

KOMPAS.com - Ilmuwan mengkonfirmasi temuan kerangka Raja Richard III di bawah lahan parkir mobil di kota Leicester, Inggris, Senin (4/2/2013). Raja Richard III, menurut AFP secara luas digambarkan sebagai salah satu penjahat paling terkenal dalam sejarah.

Universitas Leicester mengatakan kerangka berusia 500 tahun memiliki luka pertempuran dan tulang belakang melengkung. Analisis DNA cocok dengan salah seorang keturunan generasi ke-17 dari adik raja, Michael Ibsen.

"Ini adalah kesimpulan akademik dari Universitas Leicester yang, tanpa diragukan lagi, individu (tengkorak) yang mulai digali di Greyfriars pada September 2012, memang Richard III, raja Plantagenet Inggris yang terakhir," kata arkeolog Richard Buckley dalam konferensi pers.

Temuan membuahkan kegembiraan besar di kalangan sejarawan, karena akhirnya memberikan bukti tegas tentang seorang raja yang hidupnya telah diselimuti kontroversi sejak kematiannya pada Pertempuran Bosworth pada tahun 1485.

Tubuh Richard yang berdarah, diarak telanjang di jalan-jalan sebelum dimakamkan di sebuah makam tak bertanda di Greyfriars, sebuah biara di Leicester, Inggris. Para ilmuwan mengatakan bahwa kerangka memiliki 10 luka, delapan di tengkorak dan dua di tubuh, yang terjadi sekitar atau pada saat kematian.

Mahkota raja dikirimkan ke Henry VII dan Raja Tudor, yang dengan bantuan dramawan William Shakespeare, Richard digambarkan sebagai brutal dan penjahat. Shakespeare menulis lakon "Richard III," sebuah drama tentang kehidupan tragis sang raja, sekitar 100 tahun kemudian.

Namun, beberapa orang bersikeras angapan miring tentang Richard III hanyalah gambaran dalam salah satu karakter eponymous Shakespeare. Karena itu penemuan kerangka itu diharapkan menyajikan beberapa hal untuk memulihkan reputasi sang raja.

Sejarawan sekarang berharap penemuan kerangka tersebut akan memungkinkan mereka untuk menghilangkan beberapa mitos tentang Raja Richard III dan melihat kembali apa yang dicapai secara singkat dalam dua tahun pemerintahannya.

Kerangka Raja Richard III akan kembali dimakamkan di Katedral Leicester, sesuai dengan praktik arkeologi untuk mengubur sisa-sisa di tanah suci terdekat. AFP/BBC




Stok images, foto news dan royalty free Indonesia. Silakan klik untuk melihat lebih banyak lagi.