Rabu, 3 September 2014

FOTO

Permukaan Planet Mars

KOMPAS.com - Apakah di Planet Mars terdapat kehidupan? baik di masa lalu maupun kini? Sejumlah wahana atau robot milik NASA yang mendarat di planet merah itu belum menemukan jejak metana di atmosfer yang bersumber dari makhluk hidup.

Robot terbaru Curiosity yang mendarat di Kawah Gale 6 Agustus 2012 lalu, juga belum menemukan kandungan metana dalam atmosfer Mars.

Foto-foto yang dihasilkan wahana yang mengorbit di angkasa Mars maupun robot yang mendarat, hanya memperlihatkan kemungkinan jejak danau dan bekas aliran yang membentuk parit-parit. Layaknya di Bumi, parit dan saluran-saluran terbentuk oleh air dan lava.

Peneliti NASA dalam keterangan foto menyebutkan, parit dibentuk oleh proses geologi selama musim dingin, pergerakan debu kering dan es karbon dioksida. Penampakan geologi lainnya yaitu terdapat delta yang mendukung bahwa Mars di masa lalu pada awalnya lebih basah.

Beberapa foto di album dihasilkan melalui mozaik dengan warna yang telah diperbaiki dan diolah ulang untuk membedakan bagian-bagian penting permukaan Planet Mars.




Stok images, foto news dan royalty free Indonesia. Silakan klik untuk melihat lebih banyak lagi.