Minggu, 23 November 2014

FOTO

Mengenang 10 Tahun Perang Irak

KOMPAS.com - Rabu, 10 tahun yang lalu, tepatnya 19 Maret 2003, tentara Amerika Serikat dan pasukan koalisi menginvasi Irak. Invasi diberi kode Operasi Pembebasan Irak yang bertujuan memerdekakan rakyat Irak, melucuti senjata kimia pemusnah massal dan mengakhiri dukungan Presiden Saddam Hussein kepada terorisme.

Perang Irak menjadi memori tragedi untuk generasi berikutnya. Masih ingat dengan foto memilukan seorang tahanan perang Irak mendekap putranya yang berusia 4 tahun di pusat penempatan tawanan Angkatan Darat AS Divisi Airborne ke-101 di Najaf, Irak, 31 Maret 2003. Pria itu ditangkap dengan putranya dan militer AS tidak ingin memisahkan keduanya.

Dunia juga ingat dengan rekaman patung Saddam Hussein yang diruntuhkan, mayat-mayat yang digantung di tiang jembatan, ibu yang meratapi anaknya yang mati, hingga Saddam Hussein menjelang eksekusi di tiang gantungan.

Hingga kini, kekerasan berdarah terus terjadi di Irak. Sepekan sebelum peringatan 10 tahun invasi, gerilyawan yang berafiliasi dengan Al-Qaeda mengaku bertanggung jawab atas serangan berencana ke Departemen Kehakiman di Baghdad.