asdSelasa, 25 November 2014

FOTO

Para Pramugari di Kereta Peluru China

BEIJING, KOMPAS.com - China South Locomotive and Rolling Stock Corporation Limited (CSR) yang mengelola kereta peluru supercepat atau China Railway High-Speed di Beijing menempatkan para pramugari di kereta mereka.

Pramugari sekaligus bertugas menjaga pintu kereta, pramusaji, kondektur atau pemeriksa tiket. Selain itu ada lagi wanita yang khusus bertugas menjaga kebersihan di dalam gerbong, yang tidak henti-hentinya memungut sampah.

Karyawan PT KAI yang menumpang kereta cepat ini dari Beijing menuju Shanghai saat studi banding pada 23-27 Maret 2013, dapat membandingkan dengan kondisi layanan kereta api di Indonesia.

Konsep menghadirkan pramugari untuk melayani penumpang sebenarya sudah diterapkan PT KAI di kereta eksekutif. Hanya saja yang membedakan dan membuat rombongan studi bertanya-tanya adalah, tidak terlihat sama sekali keberadaan polisi khusus KA berseragam ala militer atau kondektur laki-laki di dalam gerbong seperti yang dijumpai di kereta api di Indonesia.

Meskipun para pramugari kereta di China ini terlihat disiplin, tegas dan tangkas tapi soal tingkat keramahan ternyata masih milik Indonesia. "Bagaimanapun pramugari kita (di Indonesia) lebih ramah," kata anggota rombongan studi Iksan Abidin dari Daop III Cirebon.

Baca juga catatan perjalanan di:

(BAGIAN 1) Stasiun KA China Kalahkan Kemewahan Bandara Indonesia
(BAGIAN 2) Memikirkan Indonesia Punya Kereta Peluru Supercepat




Stok images, foto news dan royalty free Indonesia. Silakan klik untuk melihat lebih banyak lagi.