Rabu, 3 September 2014

FOTO

Foto Perang Suriah Raih Penghargaan Pulitzer

KOMPAS.com - Pewarta foto Associated Press (AP), 15 April 2013 menerima kehormatan dianugerahi Pulitzer Prize atas karya fotografi breaking news yang memotret perang sipil Suriah.

Foto direkam selama 2012 oleh lima fotografer AP yaitu Rodrigo Abd, Manu Brabo, Narciso Contreras, Khalil Hamra dan Muhammed Muheisen. Mereka berhasil memperlihatkan kekuatan sebuah foto kepada dunia, menunjukkan betapa perang mengakibatkan kematian terutama anak-anak, penderitaan warga sipil, dan ketakutan berkepanjangan.

Demi menangkap gambar-gambar ini, mereka masuk ke zona perang, tanpa perlindungan dan izin pemerintah, di tengah bahaya penembakan, pemboman, serta risiko penculikan atau penangkapan.

Karya foto yang ditampilkan serial ini membawa kita larut ke dalam penderitaan warga sipil akibat perang yang telah menewaskan lebih dari 60.000 orang, lebih dari satu juta orang mengungsi dan ratusan ribu melarikan diri terutama ke Turki.

Selain itu, pewarta foto freelance untuk kantor berita Agence France-Presse (AFP), Javier Manzano, mendapatkan penghargaan yang sama untuk kategori fotografi feature. Dia memotret dua tentara pemberontak Suriah yang menjadi penembak jitu, berjaga di sarang mereka di Karmel Jabl, Aleppo, 18 Oktober 2012.

Pulitzer Prize merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalisme, sastra dan musik di Amerika Serikat yang diselenggarakan oleh Universitas Columbia, New York. Penghargaan Pulitzer pertama pada 4 Juni 1917, dan kini diberikan setiap tahun pada April.




Stok images, foto news dan royalty free Indonesia. Silakan klik untuk melihat lebih banyak lagi.