Sabtu, 25 Oktober 2014

FOTO

Orang Miskin Dilarang Sakit

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Koja, Jakarta Utara, siang itu dipenuhi pasien. Mereka adalah warga miskin ibu kota pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang ingin mendapatkan layanan kesehatan.

Setiap hari, ada sekitar 150 orang pasien KJS antre untuk mendapatkan ruang rawat inap di rumah sakit tersebut. Terbatasnya jumlah tempat tidur membuat mereka dirawat berdesakan, ada yang terpaksa dirawat di atas meja hingga di kursi ruang pelayanan IGD.

Sejumlah Rumah sakit di ibu kota juga menerima kenyataan yang sama. Para pasien KJS membludak dibanding sebelum penerapan KJS. Menunjukkan betapa mereka ternyata sangat membutuhkan layanan kesehatan yang terjangkau.

Meskipun banyak program jaminan dan layanan kesehatan gratis dan terjangkau yang diluncurkan pemerintah untuk masyarakat miskin, namun faktanya di lapangan terlihat bahwa para penerima program tersebut tetap saja tersisih dan terpinggirkan. Pelayanan kesehatan utama tetap diberikan kepada mereka yang berduit. FIA




Stok images, foto news dan royalty free Indonesia. Silakan klik untuk melihat lebih banyak lagi.