Sabtu, 30 Agustus 2014

FOTO

Hujan

KOMPAS.com - Musim hujan di negara-negara Asia Selatan telah dimulai. Di India musim hujan membuat sejumlah daerah di daerah utara terendam banjir dan tanah longsor. Departemen Meteorologi India menyebutkan, tahun ini, India menerima hujan 68 persen lebih banyak dari normal.

Namun demikian, musim ini sangat dinantikan warga India. Lahan pertanian sebagian besar merupakan lahan tadah hujan. Negara itu mendapatkan 75 persen curah hujan pada periode Juni-September. Sekitar 70 persen orang India bergantung langsung atau tidak langsung pada sektor pertanian.

Sedangkan di Asia Tenggara seperti di Indonesia, hujan lebat justru mengguyur di periode musim kemarau, disebut "hujan salah musim". Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan akan mengguyur sebagian wilayah Indonesia sampai akhir Agustus 2013. Hujan ini akan terus terjadi di sejumlah wilayah yang berada di selatan ekuator Indonesia.

Adanya hujan ekstrem pada musim kemarau ini disebabkan oleh gangguan pola angin yang terus berputar di bagian selatan Pulau Jawa. Hal serupa pernah terjadi pada 2010. "Suhu muka laut panas terus, jadinya temperatur permukaan laut naik dan terjadi penguapan," kata Ketua BMKG, Sri Woro Budiharjono, di kantor BMKG, Rabu (5/6/2013). AFP/BBC/FIA




Stok images, foto news dan royalty free Indonesia. Silakan klik untuk melihat lebih banyak lagi.