Senin ,15 Juni 2015

Foto

Rabu, 15 Februari 2017

Serba-serbi Pilkada DKI Jakarta 2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, partisipasi pemilih pada Pilkada DKI Jakarta 2017 meningkat dibandingkan partisipasi pada Pilkada DKI 2012. Hal itu dilihat dari tingginya antusiasme pemilih yang datang ke TPS.

"Dari TPS yang saya kunjungi, antusiasme warga menggunakan hak pilih cukup tinggi. Moga-moga ini terlihat di TPS lainnya. Jadi secara umum, partisipasi ada peningkatan yang cukup signifikan," ujar Sumarno di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2017).

Sumarno mencontohkan, antrean panjang terjadi di TPS di RW 2, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Di TPS di Jalan Matraman Raya yang juga dia tinjau, tingkat partisipasi pemilih juga tinggi.

Padahal, pemilih yang tinggal di Kompleks Berlan itu harus berjalan lebih jauh karena TPS dipindahkan ke luar kompleks.

"Kami kira partisipasi akan rendah karena dipindahkan jauh dari lokasi rumahnya, ternyata keliru, mereka sangat antusias berpartisipasi," kata dia.

Meski begitu, Sumarno mengaku belum mengetahui data pemilih yang menggunakan hak suaranya pada Pilkada DKI 2017. Sebabnya, belum semua TPS selesai melakukan penghitungan suara.

"Belum kami dapatkan karena kan tadi ini baru selesai pemungutan suara dan teman-teman baru penghitungan suara," ucap Sumarno.

Pada Pilkada 2012, Sumarno menyebut tingkat partisipasi pemilih pada putaran pertama sebanyak 65 persen dan putaran kedua 68 persen.

Sumarno berharap persentase tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2017 ini mendekati target nasional, yakni 77,5 persen. NURSITA SARI

Editor : Roderick Adrian