Senin ,15 Juni 2015

Foto

Jumat, 10 Maret 2017

Mengintip Sistem Integrated Fire Management Milik APP Sinar Mas

PALEMBANG, KOMPAS.com - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, melakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (9/3/2017). Kegiatan ini digelar bertujuan untuk menyiapkan regu pemadam kebakaran APP Sinar Mas terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau tahun ini.

Simulasi yang berlangsung kurang lebih 30 menit tersebut, memperlihatkan bagaimana kesigapan regu pemadam kebakaran dalam menanggulangi titik api yang berpotensi membesar dan mengakibatkan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka, mengatakan APP Sinar Mas sudah mengadopsi sistem manajemen penanggulangan  kebakaran terintergrasi atau disebut dengan Integrated Fire Management (IFM) Sejak awal 2016.

"Ini wujud upaya kami untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan di sekitar wilayah konsesi," kata Sujica.

Selain memiliki regu pemadam, APP Sinar Mas juga dilengkapi dengan Situation Room untuk menyediakan deteksi dini.

Tidak hanya itu, mereka juga mendirikan 80 menara api setinggi 30 meter untuk membantu memonitor lokasi kebakaran .

"APP Sinar Mas juga merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang mengaplikasikan thermal imaging dengan menggunakan kamera termal yang dipasang di menara khusus pemantauan. Nantinya informasi yang didapat akan dikirim ke situation room milik APP Sinar Mas dan diteruskan ke petugas di lapangan," Kata Sujica. RODERICK ADRIAN MOZES

Editor : Roderick Adrian
*/?>