Potret Kawasan Kumuh di Bantaran Sungai Ciliwung

Kompas Video - 30/7/2019, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Bantaran sungai Ciliwung di kawasan Manggarai, Jakarta, menjadi potret nyata kawasan kumuh di Jakarta.

Saat berkunjung ke kawasan yang berdekatan dengan Stasiun Manggarai tersebut, Minggu (28/7/2019), Kompas.com menemukan pemandangan yang miris.

Bantaran sungai yang sarat dengan bangunan liar milik warga yang bermukim, menjadi tempat warga untuk mandi, mencuci, hingga membuang sampah setiap harinya.

Bantaran sungai yang sama menjadi wadah anak-anak bermain dan berenang.

Proyek normalisasi

Bantaran sungai Ciliwung sejatinya masuk dalam proyek normalisasi Sungai Ciliwung Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan memastikan pihaknya terus membebaskan bantaran sungai untuk dinormalisasikan.

"Bantaran sungai yang menjadi prioritas Pemprov DKI Jakarta untuk dibebaskan antara lain di sepanjang Sungai Ciliwung, Pesanggrahan, dan Kali Sunter" kata Teguh, Kamis, 4 Februari 2019. GAR, RAM



Editor Roderick Adrian
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X