TNI Usir Kapal-kapal China yang Kembali Serbu Natuna

Kompas Video - 12/1/2020, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Dari pemantauan udara yang dilakukan TNI Angkatan Udara menggunakan pesawat intai maritim Boeing 737 AI-7301, sekitar 30 kapal ikan asing (KIA) asal China ditemukan berada di Laut Utara Natuna, Sabtu (11/1/2020).

Pelanggaran KIA yang memasuki perairan Indonesia belakangan diketahui bukan berkurang melainkan semakin bertambah.

Mengetahui kondisi itu, Panglima Komando Gabungan Wilayah I (Pangkogabwilhan) Laksdya TNI Yudho Margono memerintahkan tiga kapal perang, yakni KRI Karel Satsuit Tubun (KST) 356, KRI Usman Harun (USH) 359 dan KRI Jhon Lie 358 untuk melakukan pengusiran.

"Hal yang pertama kali dilakukan yakni persuasif menginformasikan kapal-kapal tersebut bahwa telah masuk wilayah Indonesia dan kemudian dilakukan pengusiran," kata Yudho.

Namun jika upaya itu tidak dihiraukan, pihaknya akan melakukan pengusiran secara paksa dan penangkapan sesuai prosedur hukum yang berlaku.


Simak berita selengkapnya dengan klik link di bawah:

https://bit.ly/37Ztyp0

#kapalikanasing #natuna #kompascom

Sumber foto: Antara Foto (M Risyal Hidayat) 
Sumber berita: Kontributor Batam, Hadi Maulana
Editor photoslide: Dino Oktaviano



Editor Dino Oktaviano
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X