Paguyuban Outdoor Bangun Jembatan Darurat di Atas Sungai Cidurian

Kompas Video - 14/1/2020, 15:32 WIB

KOMPAS.com - Paguyuban Pedagang Outdoor Bandung membangun jembatan darurat di atas sungai Cidurian, Kampung Ciasahan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Senin (13/1/2020).


Jembatan darurat ini dibangun pasca jembatan utama yang menghubungkan tiga kampung di desa tersebut putus diterjang banjir bandang pada Rabu (1/1/2020) lalu.


Kasdi salah satu anggota paguyuban yang ditemui oleh Kompas.com mengatakan mereka sudah dua hari berada di lokasi dan membangun jembatan darurat.


"Kami bersembilan, dan sudah membangun dua jembatan darurat, 1 di Cigowong itu kita bangun minggu lalu, sekarang yang di Ciasahan, kita sudah dua hari ini," ujar Kasdi.


Pengamatan Kompas.com jembatan darurat yang dibangun menggunakan sling baja dan tali tambang serta potongan bambu sebagai titian. Jembatan ini dibangun buat akses ke sekolah TK, SMP dan SMK As-sarbini.


"Kasihan anak-anak kalo ke sekolah tidak ada jembatan", ujar Kasdi.


Sebelumnya diberitakan Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terendam banjir akibat luapan Sungai Cidurian yang diguyur hujan sejak Selasa (31/12/2019) sore hingga Rabu (1/1/2020). Hal itu menyebabkan dua jembatan yang menjadi akses utama putus dan membuat warga di empat desa terisolasi, yakni Kampung Ciasahan, Cigowong, Cikaret, dan Nanggung.


Dua jembatan yang terputus itu berada di Kampung Ciasahan dan Cigowong.


#sungaicidurian #banjirbandang #multimediakompascom #kompascom #jembatandarurat



Editor Roderick Adrian
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X