Melihat Gedung SD Negeri Samudrajaya 04 yang Butuh Perbaikan

Kompas Video - 21/1/2020, 15:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video siswa SD Negeri Samudrajaya 04, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @bekasi_24_jam, memperlihatkan sekumpulan siswa SD memakai seragam pramuka.

Salah satu siswa menyampaikan aspirasi kepada pejabat Pemerintah Kabupaten Bekasi terkait kondisi sekolahnya yang rusak parah.

"Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, saya murid SDN 04 Samudrajaya, yang terhormat pak lurah, pak camat, pak bupati, pak kepala dinas pendidikan tolong perbaiki sekolah saya karena rusak parah dan tidak layak digunakan untuk belajar," ucap siswa tersebut dalam video yang diunggah, Sabtu (18/1/2020).

Usai siswa itu menyampaikan aspirasinya, sekumpulan siswa di belakangnya kompak berucap "Amin".

Kompas.com mendatangi sekolah tersebut yang berada di wilayah Kampung Tambun Tiga Bagian, Desa Samudrajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Sekolah tersebut memiliki dua gedung. Masing-masing gedung terdapat ruang kelas, guru, toilet dan Unit Kesehatan Siswa (UKS).

Tampak dari luar, kedua gedung tidak terawat. Plafon atap gedung di sejumlah titip terlihat hampir roboh. Plafon di koridor gedung juga banyak yang berlubang.

Memasuki ruang kelas, sejumlah kelas memiliki lantai yang tidak lagi mulus. Kondisi lantai kelas retak, bahkan sudah sejumlah titik di dalam kelas beralaskan tanah.

Plafon pada ruang kelas pun berlubang besar. Di tambah, jendela kelas sudah tidak berfungsi dan sebagian kaca hilang.

Bangku dan meja di dalam kelas yang terbuat dari kayu juga berantakan. Di salah satu kelas terdapat sebuah tong sampah besar.

Mayoritas seluruh kelas dalam kondisi kotor dan tidak layak dijadikan ruang belajar.



Editor Roderick Adrian
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X