Berjibaku Menghalau Gajah Liar Masuk Perkebunan Warga di Tengah Gelap Malam

Kompas Video - 4/1/2021, 16:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawanan gajah liar memasuki area perkebunan warga di Desa Tegal Yoso dan Tanjung Kusumo, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Minggu (3/1/2021) malam.

Pantauan tim Kompas.com di lokasi, kawanan gajah liar ini berjumlah 12 ekor yang memasuki area perkebunan untuk mencari makan.

Kawanan gajah dihalau oleh tim gabungan dari ERU (Elephant Response Unit), yaitu ERU Camp, ERU Patrol, ERU Luar, serta didampingi oleh petugas Polisi Kehutanan dan warga setempat yang menjaga perkebunannya sendiri.

Petugas menggunakan mobil dan motor untuk menuju dan berkeliling di area perkebunan, serta menggunakan berbagai cara untuk menghalau gajah seperti memakai mercon (petasan) yang diarahkan ke kawanan gajah.

Ada juga yang memakai suara sirine mobil, penerangan senter, dan teriakan dari petugas ERU untuk menggiring kawanan tersebut kembali ke dalam hutan.

Konflik antara manusia dan gajah mulai terjadi sejak Way Kambas ditetapkan sebagai kawasan hutan, belum menjadi Taman Nasioal.

Beberapa daerah di sekeliling hutan Way Kambas dibuka menjadi daerah permukiman dan juga lahan perkebunan bagi warga yang tinggal di permukiman tersebut.

Hingga akhirnya pada 2011, dibentuklah sebuah unit bernama ERU, yang terdiri dari beberapa ekor gajah jinak yang sudah dilatih dan juga mahout yang bertujuan untuk mengusir gajah liar kembali ke habitatnya, dengan tujuan utama untuk menekan konflik antara manusia dan gajah.

---------------------------------------------------------------------

Foto: Garry Lotulung

Editor Photoslide: Dino Oktaviano

#photoslide #kompascom #multimediakompascom


Editor Dino Oktaviano
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X